PAHLAWAN KESIANGAN

Setelah sebelumnya sempet nulis juga tetang spasi juga di akun instagram; sebagai refleksi diri. Kali ini sedikit kesiangan, maaf. Mohon maaf atas kesiangannya. Sedikit cerita (tidak bermaksud mengeneralisir), saya bukan orang yang mudah dalam menentukan pilihan (maksudnya sering terjadi seperti ini). Butuh waktu untuk mempertimbangkan satu dan lain hal. Ya, sebagian orang mungkin ada saja yang terbiasa cepat dalam mengambil keputusan. “Cepat” artinya bukan tanpa pertimbangan. Terkadang perlu waktu bagi saya tuk memutuskan suatu pilihan.

orang-orang bilang,

“You are too slow, You are not a good decision maker, Bro.”

simplenya, banyak Loading-nya kamu mah. orang lain mah udah kemana.

Waktu terus berputar, ibarat seseorang diberikan waktu untuk menulis paragraf secara spontan. Disaat orang lain sudah memulai mengambil langkah untuk menuliskan sesuatu, ibu jari ini masih terpaut dengan “spasi”(berpikir, mempertimbangkan hal apa ya yang sebaiknya ditulis). Saat orang sudah lanjut memasuki paragraf kedua, saya masih saja akrab dengan “spasi”.

Waktu terus berjalan, tiada permisi bagi yang mengemis tuk berhenti sesaat sekalipun. ibarat seseorang diberikan waktu untuk menulis paragraf secara spontan. Ada banyak yang terlewat dikala diam belum juga memulai, sementara waktu terus menggerus.

Orang lain sudah seribu langkah maju kedepan, sedangkan saya…..

saya tetep jalan kok, tapi jalan di tempat. (sad)

Salahkah? Salah Ya??

Ya ente salah Bro. Seorang “Pahlawan Kesiangan” sebutan itu mungkin terbilang layak bagi diri.

Kecewa ga? jelas ada rasa kecewa. Manusiawi.

Rasa kecewa juga penting, kadang menganggit serpihan hikmat bisa jadi lebih terasa dengan hadirnya rasa kekecewaan. Cukuplah sampai disitu, tak perlu berlebihan. Caranya? Berpikir logis, realistis agar tak terbawa galau manis.

Merasa diri bersalah? Ya

Disaat itu saya menginsafi kesalahan. Ada yang harus diperbaiki.

Untungnya….. tak ada istilah telat;telat untuk berubah.

Maka tersebut saya sebagai “Pahlawan Kesiangan”, tapi bolehlah dengan semangat perubahan istilahnya menjadi “Pahlawan Kesiangan yang berhati besar” karena berlapang dada dan ikhlas atas apapun takdirnya. Meski masih tersemat kata “kesiangan”.

Balik lagi tentang pengambilan keputusan.

Di satu sisi, ada sebagian orang juga menyatakan ekspresinya dengan penuh kepuasan,

“Ouwh, Great!,  Your decision is precisely considered, undeniable and deep.”

Saat saya jalan di tempat dan orang lain sudah maju seribu melangkah. Saat saya masih terpaut dengan “spasi”, orang lain sudah menuliskan 2 paragraf, tapi mungkin akan ada saatnya, karena keputusan yang diambil sudah sangat dipertimbangkan, sudah sangat jelas tergambar apa yang akan saya tulis, sudah teramat jelas terarah kemana kaki ini akan melangkah. Bisa saja langkah ini melampaui seribu langkah didepan, bisa saja jari jemari ini menuliskan paragraf lebih banyak ketimbang orang lain yang sudah pertama memulai.

Dengan semangat perubahan, rasa kecewa menjelma menjadi arti positif maka perlahan hilanglah status “Pahlawan Kesiangan”. Lantaran sungguh tak ada arti kata telat untuk berubah (Second Chance).

Hari ini saya jadi tau sesuatu; tau ada yang perlu diperbaiki, hari ini saya belajar, hari ini saya  merasakan hikmah dari rasa kecewa, hari ini saya mendapat semangat perubahan.

“Sebaik-baik ekspresi kekecewaan adalah perubahan menjadi lebih baik.”

Hal yang sudah terlewat dalam “spasi” memang tak akan kembali. Namun seiring waktu berjalan, kata demi kata tertuang, langkah demi langkah berlalu, tetaplah jalani. Mungkin ada satu kata didepan yang lebih tepat menjadi tempat saya melabuhkan pena. Mungkin ada kawan lain yang mungkin sudah menunggu ingin menemani untuk melangkah bersama di depan sana.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

